Konsumsi 5 makanan Agar gigi lebih sehat

Konsumsi 5 makanan Agar gigi lebih sehat

Konsumsi 5 makanan Agar gigi lebih sehat
Berikut daftar makanan yang baik untuk kesehatan gigi Anda.

Sering sakit gigi? Bisa jadi karena struktur gigi yang tidak rata sehingga mudah menjadi tempat bersarangnya kuman. Akan tetapi, ada juga makanan-makanan yang bisa mengurangi keluhan sakit gigi. Menurut American Dental Hygienists’ Association yang dilansir pada Senin (3/10/2016), berikut adalah makanan dan minuman yang bagus untuk gigi.

Mengandung antioksidan polyphenols yang dapat mencegah munculnya plak pada gigi, juga mengurangi kemungkinan munculnya lubang pada gigi dan radang gusi.

Susu dan yogurt

Susu, yogurt susu dan yogurt yang tidak ditambah gula. Selain kandungan kalsiumnya, susu dan yogurt memiliki tingkat keasaman yang rendah yang dapat memperlambat terjadinya erosi pada gigi.

Buah-buahan

Buah seperti apel, strawberi, buah sitrus, kiwi, dan buah lain yang tinggi kandungan vitamin C nya. Vitamin C adalah salah satu komponen penting dari kolagen yang berfungsi seperti semen yang melekatkan satu sel dengan sel yang lain. Bukan hanya bermanfaat membuat kulit sehat, tetapi juga mencegah peradangan pada gusi.

Produk hewani

Produk hewani, seperti daging sapi, ayam, dan telur. Mengandung mineral fosfor yang bersamaan dengan vitamin D dan kalsium dapat membentuk sistem tulang dan gigi yang kuat.

BACA JUGA  :  5 KEBIASAAN BAHAYA DALAM SIKAT GIGI

 

Air putih

Air putih yang bersih bisa membersihkan rongga mulut dan mendukung ludah untuk bekerja memberikan asupan mineral penting ke dalam pori gigi. Air juga membuat gusi menjadi lentur dan membantu membersihkan sisa makanan dari sela gigi yang dapat mengakibatkan inflamasi dan bau napas yang kurang sedap.

Adapun makanan-makanan berikut ini harus dihindari, karena kurang bagus untuk gigi, yakni
semua makanan yang mengandung gula tinggi (seperti gula putih, gula merah, jus konsentrasi, gula jagung, jam, permen, permen coklat) dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dalam hitungan jam setelah makanan dikonsumsi apabila gigi tidak dibersihkan dengan baik.  Tepung putih dan tepung gandum yang sudah diolah yang hanya mengandung sedikit serat juga dapat merusak gigi.
Roti, crackers, biskuit, donut, sereal, muffin, pastry seharusnya dihindari apabila Anda tidak dapat menggosok gigi sesaat setelah Anda mengkonsumsinya. Kopi, soda dan jus buah dengan pewarna dapat mengubah warna gigi.

Dibeberkan Oleh beritaterpanas.com