jenis Makanan untuk mata tetap sehat

jenis Makanan untuk mata tetap sehat

jenis Makanan untuk mata tetap sehatjenis Makanan untuk mata tetap sehat dan Apakah Anda mendapatkan cukup nutrisi dari makanan yang Anda makan? Jika tidak, sebaiknya Anda mulai mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Hal itu bukan hanya penting untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, tapi juga bagus untuk kesehatan mata Anda.

Menjaga kesehatan mata mutlak diperlukan seperti di zaman modern ini. Kebanyakan dari kita bekerja di depan komputer atau terus terpaku pada smartphone. Gadget modern ini dianggap berbahaya bagi mata. Dengan demikian, sangat penting untuk menjaga kesehatan mata Anda dan ini dapat dicapai dengan asupan makanan sehat ke tubuh kita.

Peningkatan asupan antioksidan dan nutrisi penting lainnya melalui diet bergizi, bisa membantu mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula. Berbagai antioksidan memiliki manfaat yang berbeda. Misalnya, vitamin A melindungi terhadap kebutaan, dan vitamin C berperan penting dalam mencegah glaukoma.

Makanan yang mengandung asam lemak esensial Omega-3 membantu mengurangi gejala mata kering dan memberikan perlindungan terhadap kerusakan makula.

Beberapa vitamin dan nutrisi mikronutrien lainnya seperti beta karoten, flavonoid, lutein dan zeaxanthin, selenium, vitamin E, seng, dan lain-lain juga bermanfaat untuk memperbaiki kesehatan mata. Tapi pertanyaan yang paling penting adalah, bagaimana Anda memasukkan nutrisi penting ini ke dalam makanan harian Anda?

 

Manjakan mata sehat dengan makanan bergizi

 

Manjakan mata sehat dengan makanan bergizi

Untuk menjawab ini mari kita lihat beberapa makanan bergizi yang penting untuk meningkatkan kesehatan mata, seperti dikutip dari Boldsky, Jumat (8/9/2017).

 

1. Wortel

Wortel mengandung beta karoten yang memudahkan berfungsinya mata dan retina. Untuk penglihatan yang baik, mengonsumsi wortel adalah sebuah keharusan.

 

2. Ikan

Ikan seperti salmon, tuna dan sarden kaya akan asam lemak omega 3 yang pada gilirannya melindungi mata terhadap mata kering, katarak, dan degenerasi makula.

 

 

 

 

 

 

BACA JUGA  :   ZODIAK YANG PALING PANAS DI RANJANG

 

 

 

 

 

 

3. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, alpukat, kacang polong dan brokoli dikemas dengan pigmen tumbuhan seperti lutein dan zeaxanthin yang dapat meringankan masalah degenerasi makula dan katarak.

 

4. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh seperti quinoa, beras merah, gandum utuh, dan roti whole-wheat membantu meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan karena mengandung nutrisi penting seperti vitamin E dan seng.

 

5. Telur

Anda bisa mendapatkan nutrisi untuk mata dengan mengonsumsi telur karena mengandung dua enzim penting, lutein dan zeaxanthin serta seng. Semua nutrisi ini membantu melindungi mata Anda dan juga memberikan perlindungan terhadap degenerasi makula.

 

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang almond, kenari, dan pistachio kaya akan asam lemak omega 3 dan vitamin E yang membantu meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan.

 

Ubi jalar dan kacang juga bikin mata tambah sehat

7. Tomat

 

Tomat juga memberi nutrisi pada mata karena mengandung karotenoid dan lycopene. Selain itu, kandungan vitamin C dalam tomat membantu melindungi penglihatan dan melindungi retina terhadap segala jenis kerusakan.

8. Buah Berries Dan Jeruk

 

Buah-buahan seperti jeruk, lemon, buah anggur dan buah kaya vitamin C dapat mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak. Konsumsi segera buah ini sebanyak yang Anda bisa karena bergizi dan bagus untuk kesehatan mata.

 

9. Kacang

Kacang lentil, kacang merah dan buncis memberikan nutrisi yang tepat untuk mata. Mereka juga mengandung seng dan bioflavonoid yang membantu melindungi retina dan menurunkan risiko pengembangan katarak dan degenerasi makula.

 

10. Ubi jalar

Ubi jalar mempromosikan penglihatan yang baik dan juga memberi nutrisi sempurna pada mata karena mengandung vitamin A (beta karoten). Tambahkan ubi jalar ke makanan Anda, agar memiliki penglihatan yang sehat.

Dibeberkan Oleh beritaterpanas.com